TUGAS 8 PENKOM: PERANGKAT LUNAK BASIS DATA
Assalamu’alaikum wr.wb
Apa kabar guys? Alhamdulillah, masih bisa diberi kesempatan untuk berbagi sedikit ilmu di blog ini. Kali ini saya akan membahas tentang penerapan Komputer Perangkat Lunak Basis Data.
Basis data sendiri merupakan kumpulan informasi yang saling terkait satu sama lain. Basis data biasanya sering disebut dengan DBMS (Database Management System) dan DBMS ini terdiri atas MS. Access, SQL-server, Oracle dan sebagainya. Untuk saat ini saya akan sedikit membahas mengenai MS. Access. Dalam MS. Access, informasi disimpan dalam bentuk file database, yang terdiri atas beberapa objek seperti table, query, report, form, macro, modules dan pages.
Baik, langsung sajaa
Silahkan disimak dan selamat mencoba J
~MEMBUAT TABEL~
# Membuka dan Menjalankan Ms Access

Buka Ms Access di menu dekstop atau di pencarian… setelah terbuka akan muncul tampilan seperti gambar. Pilih CREATE untuk memulai

Kemudian, isi Field Name, Data Type, dan Field Properties dengan ketentuan berikut. (Field Properties pada setiap field berbeda-beda, sehingga kita perlu mengatur satu persatu).


Sehingga akan menjadi seperti ini:

Setelah itu, mari kita lihat seperti apa datasheet yang kita akan isi dengan cara klik 2x disetiap tabel. Setelah diklik akan muncul sebuah notifikasi save table, klik yes agar menjadi seperti ini.

Setelah itu, mari kita membuat setiap Field pertama menjadi Primary Key.
Ohiya, Sedikit penjelasan mengenai Primary Key dan Foreign Key, Primary Key adalah sebuah atribut yang menjadi sebuah perwakilan dari keseluruhan tabel, sementara Foreign Key adalah atribut2 pelengkap dalam tabel.
Cara membuat Field pertama menjadi Primary Key adalah dengan mengklik logo ini disetiap baris pertama kolom pertama. (Logo terdapat pada tab Design.)

~MEMBUAT RELASI ANTAR TABEL~
Selanjuanya pembuatan Relationship, memberi relasi antar tabel. Hal ini dilakukan dengan cara klik opsi Table pada Table Tools.


Kemudian akan muncul tab ini, cocokan relasi antara fakultas dan mahasiswa dan klik ok. dan akan terbentuk sendiri garis penguhubung. atur sampai kelar.


~MEMBUAT FORM~
Kemudian yang akan dibahas adalah membuat form. Caranya mudah, tinggal klik page Create dan Klik Form Wizard dan ikuti. (Pastikan table yang terdisplay adalah table mahasiswa).

form dibuat untuk mengetahui nama mahasiwa langsung dengan nim, departement, fakultas, dan pembimbingnya
langkahnya :
- semua table baik itu mahasiwa,departement,fakultas dan pembimbing diisi dengan mendouble klik table
- setelah itu save semua data yang telah diisi > create > form > maka langsung akan tampil hal berikut
~Membuat REPORT~
Report yang berfungsi untuk menampilkan semua data yang telah diisikan.
langkahnya : klik create > report > maka akan tampil seperti berikut

~SQL Query~
Apa itu Query? Query merupakan permintaan dari user untuk mengambil informasi dari database. Bahasa yang umum digunakan untuk melakukan query adalah SQL, atau Microsoft Structured Query Language. Anda dapat mempelajari SQL melalui media internet dan semacamnya.
Saya akan mencoba menggunakan query untuk melakukan beberapa permintaan.
Pertama-tama, saya membuka Create → Query Design → SQL View.
- a) menampilkan semua data dari tabel mahasiswa
Pada SQL View, saya mengetik sebagai berikut.
SELECT * FROM Mahasiswa;
Lalu pada Datasheet View, saya akan mendapati ini:
SELECT * menandakan saya ingin mengambil semua data yang ada pada tabel yang disebutkan setelah FROM, yaitu Mahasiswa. Nah, apabila saya ingin…
- b) menampilkan nrp, nama, pembimbing dari tabel mahasiswa
…saya akan menulis:
SELECT nrp, nama mahasiswa, id_pembimbing FROM Mahasiswa;
- c) menampilkan nrp, departemen, pembimbing
dapat dilakukan dengan:
SELECT nrp, id_departmen, id_pembimbing FROM Mahasiswa;
