Tugas Lima PENKOM

Assalamu’alaikum wr.wb.
Hallo guys, Alhamdulillahi ‘ala kulli hal. Selalu bersyukur dalam setiap kondisi dan situasi. Termasuk saat ini, masih diberi kesempatan untuk sharing informasi dan beberapa ilmu.  Kali ini akan membahas tentang aplikasi pengolah data. Yup, Microsoft Excel

p19t5hoe501p13e11hdh17nn3k53.jpg

BOOK, SHEET, COLUMN, ROW, CELL

  • BOOK

Pada Microsoft Excel 2007, semua file adalah merupakan workbooks. Satu workbooks disiapkan secara otomatis pada saat menjalankan Microsoft Excel 2007, Pada satu workbook bisa memuat work-sheet, Chart-sheet dan modul Visual Basic.

  • SHEET

Worksheet atau Spreadsheet atau Sheet, adalah merupakan lembar kerja elektronik yang di tampilkan dilayar monitor. Worksheet terdiri dari 256 kolom dan 65.536 baris memuat sejumlah 4.194.304 sel. Worksheet tersebut digunakan untuk menyimpan atau mengolah data, formula, grafik, dan sebagainya.

  • COLUMN

Column atau Kolom adalah kolom di Microsoft Excel yang ditandai dengan abjad A sampai dengan XFD atau jika dijumlahkan ada sekitar 16.384 kolom.

  • ROW

Row atau Baris, di Excel baris ini diberi tanda berupa angka 1 sampai 1.048.576 . Atau bisa diartikan jumlah baris di Excel ( 2007 keatas ) sebesar 1.048.576.

  • CELL

Cell atau sel adalah pertemuan antara Row dan Column, seperti misalnya Sel A1 artinya berada di kolom A dan di baris ke-1. Alamat sel ini akan terlihat di Name Box, dan di Name Box inilah akan ditunjukkan mana sel yang sedang aktif.

FUNGSI DALAM EXCEL

  • SUM

SUM adalah fungsi untuk mencari jumlah isi data pada range tertentu.

1

Untuk meng-aplikasikan SUM, bisa dilihat seperti gambar diatas.

Kolom Jumlah didapatkan dari rumus =SUM(D2:D11). D2:D11 merupakan kolom Nilai1.

  • AVERAGE

Average digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari suatu range.

1

Pada gambar diatas, peng-aplikasian Average terdapat pada kolom Rata-rata.

Kolom Rata-rata didapatkan dengan rumus =AVERAGE(D2:D1). D2:D1 merupakan bagian dari kolom Nilai1.

  • STDEV

STDEV digunakan untuk mencari standar devisiasi dalam suatu range.

1.jpg

Standar Devisiasi didapatkan dengan rumus =STDEV(D2:D11).

  • IF

IF adalah Formula logika untuk menghitung atau menentukan nilai sebuah pernyataan dimana fungsi IF akan memberikan nilai tertentu jika logika benar atau salah.

1

Diberikan ketentuan pada soal seperti berikut :

♦ A ≥ 75             ♦ C ≥ 55            ♦ E ≤ 45

♦ B ≥ 65             ♦ D ≥ 45

Untuk mencari huruf mutunya, maka kita menggunakan rumus IF berdasarkan ketentuan soalnya.

Rumusnya =IF(G2>=75,”A“,IF(G2>=65,”B“,IF(G2>=55,”C“,IF(G2>=45,”D“,”E“))))

G2 merupakan kolom rata-rata ( yang diberi warna kuning pada gambar ). Diberi tanda “)”sebanyak 3 kali pada akhir formula, sesuai dengan berapa banyak yang IF yang dipakai.

 

 MENGABSOLUTKAN SEL

Mengabsolutkan sel dapat dilakukan dengan menekan tombol F4 pada keyboard.

  • ALAMAT SEL ABSOLUT :

Alamat sel yang apabila dicopy rumusnya akan tetap pada kolom maupun baris. Cara mengabsolutkan : Tekan F4 sebanyak 1x .

Contoh : Sel A2 = $A$2.

  • ALAMAT SEL SEMI ABSOLUT ATAU SEMI RELATIF :

– Semi Absolut Baris yaitu alamat sel yang apabila dicopy, rumusnya akan tetap pada baris saja sedangkan kolom berubah-ubah. Cara mengabsolutkan : Tekan F4 2x.

Contoh : Sel A2 = A$2

–  Semi Absolut Kolom yaitu alamat sel yang apabila dicopy rumusnya akan tetap pada kolom saja sedangkan baris berubah-ubah. Cara mengabsolutkan : Tekan F4 3x.

Contoh : Sel A2 = $A2

* Sebelum A2*B1 di absolutkan :

1

*Setelah di absolutkan :

1

 VLOOKUP 

  • VLOOKUP

VLOOKUP merupakan fungsi bantuan references. Fungsi VLOOKUP dipakai untuk menghasilkan nilai pada tabel secara vertikal.

Penulisan :
=VLOOKUP(nama_baris;tabel;kolom_pencarian;range_lookup)

1

 

Menggunakan Fungsi VLOOKUP

Fungsi VLOOKUP adalah bagian dari fungsi LOOKUP, bersama dengan HLOOKUP,INDEX dan MATCH. Kegunaan fungsi VLOOKUP adalah untuk mencari suatu nilai (lookup_value) pada range atau tabel (lookup_array), kemudian setelah nilai tersebut ditemukan, akan memanggil nilai di kolom yang lain dari tabel tersebut berdasarkan urutan kolom yang diinginkan (col_index_num).

Sebagai contoh, seorang staf keuangan ingin mengetahui harga suatu stock bahan baku, misalnya “Tepung Terigu”. Maka, staf keuangan tersebut akan mencari stock “Tepung Terigu” di tabel atau database stock barang, dan setelah ketemu, akan melihat kolom harga dari Tepung Terigu tersebut. Jadi, bukan Tepung Terigunya yang ditampilkan, melainkan harga dari Tepung Terigu. Simulasinya bisa Anda lihat pada gambar di bawah.

fungsi vlookup

Syntax Fungsi VLOOKUP

=VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup])

  • lookup_value (wajib diisi) yaitu nilai yang digunakan untuk mencari data yang diinginkan. Pada contoh simulasi di atas, lookup valuenya adalah “Tepung Terigu”
  • table_array (wajib diisi) yaitu range atau tabel yang akan digunakan untuk mencari data yang diinginkan. Agar mudah diingat, table array bisa kita sebut dengan tabel vlookup. Pada contoh di atas, tabel vlookupnya adalah data stock barang.
  • col_index_num (wajib diisi) yaitu nomor urut kolom yang akan kita ambil nilainya sesuai dengan nomor kolom yang ada di tabel. Jika kita isi dengan nilai kurang dari 1 akan menghasilkan ERROR #VALUE!. Sedangkan jika kita isi dengan angka yang lebih besar dari jumlah kolom yang ada dalam tabel, akan menghasilkan error #REFF!.
  • range_lookup (opsional) yaitu nilai TRUE atau FALSE. TRUE digunakan jika kita ingin hasil yang mendekatai (pendekatan). Sedangkan, FALSE digunakan jika kita ingin hasil absolut atau pasti. Agar syntax rumus kita jadi lebih singkat, TRUE dan FALSE bisa diganti dengan nilai 0 untuk FALSE dan 1 untuk TRUE. (Ingat FALSE=0, TRUE=1)
  • Kesalahan Yang Sering Terjadi Saat Menggunakan VLOOKUP
  • Range tabel tidak dibuat absolut atau mutlak (tidak pakai simbol $) sehingga data bergerak pada saat dicopy. Misalnya A1:E20, seharusnya $A$1:$E$20.
  • Format nilai yang digunakan untuk melookup tidak sama. Misalnya, salah satu nilai  memiliki format number sedangkan di tabel menggunakan format text.

 

Mengulas Soal  “Problem Perhitungan Pajak”

Suatu pajak kendaraan bermotor dirumuskan dengan perhitungan sebagai berikut:

1.Tahun 2005 pajak yang dibebankan kepada A sebesar Rp 1.250.000, sedangkan B Rp 825.000

2.Setiap tahunnya pajak tersebut bertambah 8% dari tahun sebelumnya untuk A dan 5% untuk B

3.Hitunglah besarnya pajak mulai tahun 2005 sampai dengan tahun 2012

Untuk mengerjakan tugas ini pertama tama kita buat terlebih dahulu tabel yang ingin di kerjakan

2017-03-19_211659.png

Untuk mengerjakan rumus ini ada berbagai macam cara yang dapat di lakukan. Pada cara yang kita lakukan kali ini kita menggunakan tahun yang dikurangi 2004 dikalikan dengan persen pajak untuk mencari kelipatan pajak.

Apabila pada tahun 2005 maka

(2005-2004)*8% = 8%. Apabila pada tahun 2006 maka (2006-2004)*8% = 16%.

Pada sel C2 kita isikan sebagai berikut

=$C6*(C$1-2004)*$B2/100

  1. kita mengunci $C6 sebagai nilai dari harga barang. Agar ketika di tarik kerumus kanan nilai pada kolom C tidak berpindah.
  2. kita mengunci C$1 sebagai nilai dari tahun. Kita mengunci 1 agar baris 1 tidak berubah saat kita mengcopy rumus kebawah.
  3. kita mengunci $B2 sebagai nilai dari persentase pajak yang akan kita kalikan. kita mengunci B agar nilai persentase tidak bergeser ke samping saat rumus kita copykan ke samping

Dengan rumus ini kita dapat memindahkan rumus ke samping kanan ataupun ke bawah

2017-03-19_212407.png

Untuk mempermudah melihat kita dapat menambahkan penanda tiap tiga bilangan dengan lambang menselect range yang memiliki nilai uang dan meng klik simbol koma.

2017-03-19_212700.png

2017-03-19_212930.png
Hasil akhir

Demikianlah teman-teman, beberapa informasi terkait pengolah data. semoga bermanfaat 🙂
Terimakasih telah berkunjung, semoga kita bisa berkunjung di dunia nyata *Aamiiiin, hehe

Wassalamu’alaikum wr.wb

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s